BUDHAL ke Luar Negeri

Cari Informasi di Pusat Artikel Kami

PENDIDIKAN

Menjelajahi Australia dengan Visa Liburan Kerja (WHV): Sebuah Peluang Menarik untuk Pertukaran Budaya dan Pengalaman Kerja

Share this article:
A group of people working in a garden

Description automatically generated
Program WHV memberi kesempatan anak muda dari negara lain  untuk bekerja dan berlibur di Australia  

  

Australia dikenal dengan keanekaragaman alam yang indah, kota-kota yang dinamis seperti Sydney dan Melbourne, serta perekonomian yang maju dan standar hidup yang tinggi, menjadikan Australia sebagai destinasi impian bagi banyak orang di seluruh dunia, baik untuk tinggal sementara maupun secara permanen. Kabar baiknya, Australia menawarkan sebuah peluang emas bagi para pemuda dari luar negeri, termasuk dari Indonesia, untuk berlibur sekaligus bekerja di Australia melalui program Work and Holiday Visa (WHV). Program ini memberikan kesempatan bagi individu berusia 18 hingga 30 tahun untuk tinggal dan bekerja di Australia selama 12 bulan (dapat diperpanjang sampai 3 tahun) dan memungkinkan pemegangnya untuk merasakan pengalaman hidup yang unik di Australia.  

 

How Many Cafes Are There In Melbourne?
Banyak Pekerja WHV memilih bekerja di Kafe dan Restoran 

 

Salah satu tujuan utama dari program WHV di Australia adalah untuk mendorong pertukaran budaya, memperluas wawasan tentang Australia, sekaligus memungkinkan peserta WHV untuk mendapatkan pengalaman kerja dan liburan di Australia. Di sisi lain, terdapat imbal balik keuntungan yang didapat Australia dari menyelenggarakan program WHV, termasuk mengisi kebutuhan tenaga kerja sementara, terutama di sektor-sektor yang mengalami kekurangan seperti pertanian, perhotelan, pariwisata, dan konstruksi, terutama di wilayah regional dan pedesaan yang seringkali kesulitan mendapatkan pekerja lokal. Dengan tingkat gaji minimum yang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, program WHV menjanjikan tingkat penghasilan yang sangat atraktif, yang tidak hanya dapat digunakan untuk membiayai biaya hidup selama di Australia, tetapi juga untuk menambah pundi-pundi tabungan kalian. Sebagai ilustrasi, pekerja WHV yang bekerja penuh waktu dapat menghasilkan antara Rp 30-40 juta per bulannya. Dengan asumsi pengeluaran sekitar Rp 15-20 juta, maka seorang pekerja WHV masih dapat menabung beberapa kali lipat UMR Jakarta per bulannya. Jumlah tabungan ini dapat ditingkatkan dengan mengambil jam kerja yang lebih banyak (tidak ada batasan jam kerja bagi pekerja WHV) dan mengehemat pengeluaran bulanan.  

 

A person and person standing next to a crate of oranges

Description automatically generated
Visa WHV dapat diperpanjang hingga 3 tahun dengan bekerja di Wilayah Regional 

  

Pekerjaan-pekerjaan yang umum dilakukan oleh pemegang visa WHV termasuk: 

  • Sektor Pertanian: panen buah, sayuran, pemeliharaan tanaman dan hewan. 

  • Sektor Perhotelan dan Pariwisata: berbagai pekerjaan di restoran, kafe, hotel, termasuk pelayan, asisten dapur, resepsionis, housekeeping.   

  • Sektor Konstruksi: pembantu konstruksi, tukang batu, tukang kayu, dan pekerjaan lainnya di sektor bangunan. 


Bagi pemegang visa WHV yang ingin memperpanjang durasi visanya sampai dengan 3 tahun, diharuskan memenuhi beberapa persyaratan termasuk bekerja di wilayah regional Australia, misal di Australia bagian utara, dan di sektor-sektor yang telah ditentukan pemerintah Australia, seperti pertanian dan peternakan, penangkapan ikan dan mutiara, konstruksi, pariwisata, dan beberapa sektor lainnya. Selain itu terdapat durasi kerja minimum di wilayah regional yang harus dipenuhi yaitu minimum 3 bulan atau 88 hari kerja pada tahun tinggal pertama dan 6 bulan atau 179 hari kerja pada tahun tinggal kedua. Sehingga untuk dapat tinggal di Australia selama 3 tahun melalui program WHV, pemegang visa diharuskan untuk bekerja di wilayah regional Australia selama 9 bulan atau 267 hari kerja. Untuk waktu sisanya, pemegang visa dibebaskan untuk mencari jenis pekerjaan dengan lokasi yang diinginkan.  

 

Dengan segala kesempatan dan peluang yang ditawarkan, tidak heran jika Australia merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia sambil bekerja. Program WHV memberikan kesempatan yang tak ternilai untuk pengembangan diri, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, serta memperkaya pengalaman hidup dengan tinggal dan menjelajahi Australia. 

 

Untuk informasi lebih lanjut dari A sampai Z mengenai WHV di Australia, dapat diakses melalui Info Studi Australia di platform Budhal. 

 

Link: https://budhal.com/guidebooks/info-studi-australia 

 





 

A group of people working in a garden Description automatically generated image widget. Press Enter to type after or press Shift + Enter to type before the widget


×
×